PENGEMBANGAN SILABUS STANDAR KOMPETENSI KELAS IV SD
Makalah ini Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan
Pkn SD
Oleh Dosen Pembimbing: Dra. SRI
REJEKI, M.Pd
`
Disususn oleh:
Wasillah
Arwanda Arna A3-11/ 11144600085
Fitriah
Arniasih A3-11/ 11144600095
Dwi Indrawati A3-11/ 11144600112
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH
DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2012
PENGEMBANGAN SILABUS STANDAR KOMPETENSI KELAS IV SD
Nama sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/ semester : IV / 2
Standar Kompetensi : menunnjjukan sikap
terhadap globalisasi di ligkungannya
Alokasi waktu : 8 X 35 menit (4 pertemuan)
Standar kompetensi
Menunjukan sikap terhadap globalisasi di
lingkungannya.
Kompetensi Dasar
-
Memberikan
contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.
-
Mengidentifikasi
jenis budaya indonesia yang pernah di tampilkan dalam misi kebudayaan
internasional.
-
Menentukan
sikap terrhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.
Indikator
1. Proses-proses
globalilsasi.
2. Pengaruh globalisasi pada makanan,
permainan, dan kebudayaan
3. Menentukan sikap terhadap pengaruh
globalisasi
4. Menjelaskan globalisasi kebudayaan
5. Menentukan sikap terhadap globalisasi
Tujuan pembelajaran
1. Siswa dapat
mengetahui dan menceritakan prosses globlisasi.
2. Siswa dapat menyebutkan dampak
globaliasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
3. Siswa dapat mengetahui sikap dan
menjelaskan sikap terhadap pengaruh
globalisasi.
4. Siswa dapat menjelaskan globalisai
kebudayaan
5. Siswa dapat menentukan sikap kita
terhadap globalisasi
Materi pembelajaran
1. Pengertian globalisasi dan sejarahnya.
2. Dampak globalisasi di tengah-tengah
kita.
3. Sikap kita terhadap globalisasi.
Pendekatan
dan metode pembelajaran
:
1. Pendekatan kontekstual
2. Pendekatan cooperative Learning
3. Diskusi tentang teman sebangku
4. Penugasan
Bahan belajar
1. buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegraan untuk Skolah Dasar kelas IV, terbitan ESIS, karangan
Dra.Dyah sriwilujeng, P.Pd.) hlm.85-90, 91-96, 97-98.
2. Orang
tua
3. Teman
4. Lingkungan
rumah (keluarga),sekolah,dst.
Penilaian :
-Tugas individu
-Tes lisan
-Tes tertulis
-Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
-penilaian unjuk kerja (keberanian enyampaikan pendapat).
NAMA SEKOLAH :
SD
MATA PELAJARAN : PKn SD
KELAS/SEMESTER :
IV/ 2
STANDAR
KOMPETENSI : Menunjukan sikap terhadap globaliasi di lingkungannya.
ALOKASI
WAKTU : 8 jam x 35 menit.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
KARAKTER
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
2.1 Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di
lingkungannya
|
Ø
Proses-proses
globalisasi
Ø
Pengaruh
globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan
Ø
Menentukan sikap
terhadap pengaruh globalisasi.
|
Ø
Pengertian globalisasi
dan sejarahnya.
Ø
Dampak globalisasi di tengah-tengah kehidupan kita.
Ø Sikap kita terhadap globalisasi.
|
Ø
Menceritakan
proses globalisasi.
Ø
Menjelaskan
pengaruh globalisasi pada makanan, permainan dan kebudayaan.
Ø
Menjelaskan
sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.
|
Ø Tes
Lisan.
Ø Tes
Tertulis
Ø Tugas kelompok
Ø Keaktifan
siswa di dalam kelas.
|
2
|
|
|
Ø
Buku paket (buku pendidikan kewarganegaraan untuk sekolah dasar kelas
IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, P.pd.) hlm. 85-90, 91-96,
97-98.
Ø
Orang tua.
Ø
Teman.
Ø
Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
Ø Kerja sama
Ø Percaya diri
Ø Tanggung jawab
|
2.2 Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang
pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.
|
Ø
Menjelaskan
globalisasi kebudayaan
Ø
Memberikan
contoh kebudayaan Indonesia
|
Ø Peran kita dalam era globalisasi.
|
Ø Menjabarkan tentang
globalisasi kebudayaan.
|
Ø
Tes lisan.
Ø
Keaktifan siswa di dalam kelas.
Ø
Tugas kelompok
|
|
|
|
Ø
Buku paket (Buku pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar kelas
IV, terrbitan ESIS, karangan Dra.Dyah Sriwilujeng,P.pd.) hlm. 95-96.
Ø
Orang Tua.
Ø
Teman.
Ø
Lingkungan rumah(keluarga), sekolah, dst.
.
|
Ø
Tang
gung Jawab.
Ø
Percaya
diri.
|
Ø Menentukan sikap terhadap penngaruh globalisasi yang
terjadi di lingkungannya.
|
Ø
Menjelaskan
dampak nehatif dan positif dari globalisasi.
|
Ø
Sikap kita
terhadap globlisa-si.
|
Ø Mengamati pengaruh
globalisasi di indonesia.
Ø Megajak siswa untuk
bersikap terhadap pengaruh globalisasi.
|
Ø
Tugas
lisan.
Ø
Tugas
tertullis.
Ø
Keaktifan
siawa di dalam kelas.
|
|
|
|
Ø
Buku paket(Buku Pendidikan kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar kela IV terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwillujeng,P.Pd.)
hlm 97-98.
Ø
Orang tua
Ø
Teman lingungan rumah (keluarga), skolah, dst.
|
Ø
Bertanggung
jawab
Ø
Percaya
diri
|
DAFTAR PUSTAKA
Walfarianto dan Sri Rejeki.2009.Pendidikan PKn SD.Yogyakarta:Program rtudi PGSD FKIP UPY.
terimakasih
BalasHapus