Kategori

Senin, 14 Januari 2013

Karanganyar Siapkan Perda Bahasa Jawa


KARANGANYAR, suaramerdeka.com – Upaya pelestarian bahasa Jawa yang dilakukan Pemkab Karanganyar terus dilaksanakan secara intensif. Setelah sejak 2005 mewajibkan penggunaan bahasa Jawa setiap Rabu di lingkungan Pemkab, kali ini anak-anak sekolah yang diintensifkan. Sekolah jadi basis utama program itu.
"Kami menyiapkan perda khusus untuk penggunaan bahasa jawa itu setiap Rabu, dan juga program pelestarian bahasa jawa. Sekolah akan menjadi basis utama," kata Bupati Karanganyar Rina Iriani kepada Suara Merdeka.
SD 3 Jaten, satu-satunya SD RSBI di Karanganyar dijadikan pilot proyek untuk pengembangan Bahasa Jawa. Di sekolah itu, setiap Rabu akan dilakukan pemantauan dan pembinaan serta pembimbingan penggunaan bahasa Jawa bagi siswa dan guru.
"Semua harus memakai bahasa Jawa halus, bahasa Jawa kromo. Nanti akan dibimbing dan dibina langsung oleh Dinas Dikpora. Setiap bulan akan dievaluasi, dan dilakukan pemantauan hasilnya untuk pengembangan karakter anak," katanya, saat mengunjungi sekolah itu.
Didampingi Kepala SD 3 Jaten Suyono SPd MPd, dalam tiga bulan perkembangan program itu akan dievaluasi secara total. Jika bagus, maka akan dicanangkan pemakaian Bahasa Jawa di seluruh sekolah di Karanganyar secara intensif, dengan model pembinaan yang sama.
Pemakaian bahasa Jawa tidak hanya sekadar melestarikan budaya, sehingga warisan dan jati diri masyarakat Jawa itu tidak hilang. Namun sebetulnya ada unsur pembinaan karakter yang bisa masuk dalam program itu.
"Ada undha usuk, menghormati yang lebih tua, menyayangi yang muda. Ini ada dalam bahasa Jawa. Karena itu saya memaksakan agar program ini harus terus berlanjut dan terutama anak-anak sekolah. Sebab ini sangat penting," kata dia yang disertasi doktornya mengangkat penggunaan Bahasa Jawa di kalangan anak muda Karanganyar.
Tentang perda itu, dia mengatakan, kalau selama ini hanya melalui Keputusan Bupati, selanjutnya akan lebih kuat dasar hukumnya karena ada perda khusus soal itu. Dengan demikian programnya diharapkan lebih intensif.

http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/09/28/131191/Karanganyar-Siapkan-Perda-Bahasa-Jawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar